Viral  

Fakta Gempa dan Tsunami Tōhoku 2011, Inspirasi Film Suzume no Tojimari

Dua film Makoto Shinkai yang berjudul Your Name dan Weathering with You terinspirasi dari bencana alam. Meteor dan banjir, menjadi inspirasi dua film tersebut. Sementara untuk film Makoto Shinkai kali ini terinspirasi dari sebuah gempa.

Kemudian melalui film ini, Makoto Shinkai ingin mengekspresikan dampak yang dirasakan pasca bencana tersebut. Berikut ini bacaterus akan mengulas fakta dibalik gempa yang pernah terjadi di Jepang yang menjadi inspirasi film ini.

1. Great East Japan Earthquake

fakta gempa suzume-1_

Pada 11 Maret 2011, Jepang dilanda gempa besar dan tsunami yang memporak-porandakan daerah Tōhoku. Gempa tersebut disebut dengan Higashi Nihon Daishinsai atau Great East Japan Earthquake.

Tercatat kekuatan gempa kala itu adalah 9,0 – 9,1 M. Gempa dengan kekuatan besar yang berlangsung cukup lama sekitar enam menit ini mengakibatkan adanya tsunami. Faktanya, sebelum terjadinya tsunami ini, telah terjadi beberapa kali gempa besar dan ratusan gempa susulan.

Kemudian, terjadilah tsunami yang mengakibatkan menghancurkan di sepanjang garis pantai Pasifik pulau-pulau di utara Jepang. Tidak hanya gempa besar, tsunami pada saat itu tercatat sebagai salah satu tsunami terbesar. 

Diperkirakan ketinggian tsunami kala itu paling tinggi adalah sekitar 40,5 meter yang terjadi di kota Miyako Prefektur Iwate Tōhoku. Kerusakan akibat tsunami ini jauh lebih parah, mematikan dan merusak dibandingkan gempa besar sebelumnya. Sehingga seluruh kota yang dilalui oleh tsunami pun hancur.

Bencana alam ini menjadi salah satu bencana gempa dan tsunami terbesar yang pernah melanda Jepang dan masuk ke dalam gempa terbesar keempat di dunia. 

Bagi yang sudah menonton film Suzume no Tojimari, pasti tidak akan asing dengan pemandangan sebuah kapal yang berada di atap rumah. Visual itu terinspirasi dari dampak gempa dan tsunami Tōhoku 2011 yang lalu. 

Kapal Hamayuri, tersebut berada di daerah Ōtsuchin, Prefektur Iwate. Dan kapall tersebut menjadi model untuk visual yang terlihat pada afterlife scene ketika Suzume memasuki ‘pintu’.

2. Daerah Terdampak Gempa dan Tsunami Tōhoku 2011

fakta gempa suzume-2_

Dalam film Suzume no Tojimari, diceritakan bahwa Suzume awalnya tinggal di daerah Tōhoku. Tepatnya di kota Miyako, Prefektur Iwate. Dalam ceritanya disebutkan bahwa kampung halaman Suzume itu pernah dilanda gempa dan tsunami besar.

Beli voucher streaming Netflix, Disney+, Prime Video, Viu, dll murah di Lazada

Cerita yang menjadi trauma Suzume ini pun memang menjadi inspirasi utama dalam film ini. Dan disebutkan bahwa kampung halaman Suzume menjadi salah satu kota yang mengalami kerusakan parah akibat bencana tersebut.

Dan dampak akibat gempa besar dan tsunami Tōhoku 2011 yang lalu pun, tercatat kerusakan terparah dialami di sekitar Prefektur Miyagi, Iwate, Fukushima, Ibaraki dan Tochigi. Dan daerah-daerah terdampak tersebut hampir tidak ada bangunan yang tersisa.

Pemandangan ini pun bisa kamu lihat di dalam film. Ketika Suzume akhirnya sampai ke kampung halamannya, dimana rumahnya dan tempat tinggal sekitar sudah hampir rata dengan tanah. Hanya ada sedikit puing-puing yang tersisa saja.