Viral  

Inilah 7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Mengenai Santet

Sewu Dino (2023) berhasil membuat banyak orang bergidik ngeri dengan santet 1000 hari yang diterima oleh keluarga Karsa Atmojo.

Menjadikan seorang gadis sebagai malaikat pencabut nyawa bagi keluarganya sendiri, santet ini memang sangat berbahaya. Apalagi melihat tubuh Della Atmojo yang tidak berdaya dan tubuh Karsa Atmojo yang dipenuhi borok berbau busuk, siapa yang tahan?

Berbicara soal film santet, selain Sewu Dino (2023) sebenarnya ada beberapa film horor Indonesia lainnya yang menyinggung soal santet. Sebut saja Ratu Ilmu Hitam (2019) yang juga digarap oleh sutradara Kimo Stamboel. Film satu ini terasa lebih sadis dari Sewu Dino (2023), karena adegan santetnya jauh lebih gory dan berdarah-darah.

Buat kamu yang ingin menonton film bertema santet seperti Sewu Dino (2023), Bacaterus memiliki beberapa rekomendasi film yang wajib kamu tonton. Mau tahu ada film apa saja? Kamu bisa mencari informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 15 Film Horror Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2023

1. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Diarahkan oleh sutradara yang sama, Ratu Ilmu Hitam (2019) bisa menjadi perbandingan setara dengan Sewu Dino (2023). Remake dari horor klasik Indonesia ini garap dengan sempurna oleh Kimo Stamboel.

Berbagai unsur klenik dan adegan santetnya yang sadis, dijamin bikin bulu kuduk merinding. Apalagi kualitas aktingnya tidak perlu diragukan lagi, karena dibintangi deretan aktor ternama.

Sebut saja Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, Ari Irham, Muzakki Ramdhan hingga Miller Khan dan Sheila Dara Aisha hadir dalam film horor ini.

Adapun Ratu Ilmu Hitam (2019) mengisahkan reuni dari para penghuni panti asuhan tempat Hanif dan kawan-kawannya menghabiskan masa kecil. Mengajak keluarga masing-masing, mereka juga ingin untuk mengunjungi Pak Bondi yang kini sakit-sakitan.

Awalnya semua terlihat baik-baik saja, hingga perjalanan mereka diganggu kejadian ganjil. Semenjak mereka melihat penampakan Ibu Mirah, sosok penjaga panti yang sudah lama meninggal, satu persatu keluarga Hanif dan kawan-kawannya didatangi teror.

Ternyata semua misteri ini terjadi karena adanya santet yang dikirim oleh salah satu anak panti yang pernah mereka zalim di masa lalu.

2. Qodrat

film bioskop indo baru_Qodrat_

Qodrat (2022) menjadi film horor-religi yang memiliki premis cerita yang mirip dengan Sewu Dino (2023). Film arahan Charles Ghozali ini mengisahkan sebuah padepokan pesantren dan desa yang diselimuti oleh aura hitam.

Beli voucher streaming Netflix, Disney+, Prime Video, Viu, dll murah di Lazada

Pasca kehilangan putra semata wayangnya, Qodrat (Vino G. Bastian) memilih untuk pulang ke padepokan tempatnya menimba ilmu.

Namun sesampainya ia di sana, Qodrat dikejutkan dengan berbagai peristiwa kerasukan dan tewasnya beberapa masyarakat dengan cara tidak wajar. Pada awalnya Qodrat tidak ingin ikut campur, hingga seorang anak yang memiliki nama yang sama dengan mendiang putranya membuat Qodrat tersentuh.

Alif Amri, putra dari Ibu Yasmin tiba-tiba dirasuki oleh sosok iblis dan mulai meneror keluarganya. Alif hampir saja membunuh ibu dan kakaknya, bahkan Qodrat pun hampir tewas di tangan Alif. Ketika berhasil menenangkan Alif, Qodrat mulai mendapatkan fakta-fakta baru.

Ternyata semua teror yang terjadi di desa dan pesantren berasal dari orang yang ia kenal, yaitu sahabatnya sendiri bernama Zafar. Zafar diam-diam bersekutu dengan setan dan mengirim santet untuk membunuh orang-orang yang menentangnya.

3. Mangkujiwo 2

fakta mangkujiwo-2_

Kalau dalam Sewu Dino (2023) Marthino Lio adalah pengirim santet, maka dalam Mangkujiwo 2 (2022) ia adalah korban santet. Sekuel dari Mangkujiwo (2020) ini bakalan mengisahkan ritual lahirnya kuntilanak merah dan santet yang dikirim oleh Romo Brotoseno pada rival-rivalnya.